Kamis, 14 Juli 2011

Jaringan computer

            Jaringan computer adalah dua computer atau lebih yang dapat saling berhubungan atau berkomunikasi. Ada 6 macam jaringan yaitu:

a.   PAN (Personal Area Network)
   Jaringan   PAN   ialah   suatu   jaringan   dari   Komputer   itu   sendiri   atau personal.
b.   LAN (Local Area Network)
LAN (Local Area Network), ialah suatu jaringan yang   hanya mencakup didalam satu ruangan saja (local)
c.   MAN (Metropolitan Area Network)
Metropolitan  Area  Network  (MAN),  pada  dasarnya  merupakan  versi LAN  yang  berukuran  lebih  besar  dan  biasanya  menggunakan  teknologi yang sama dengan LAN.
d.   WAN (Wide Area Network)
Wide  Area  Network  (WAN),  jangkauannya  mencakup  daerah  geografis yang luas dapat mencapai jaringan antar benua atau antar negara.
  • Intranet
            jaringan Intranet merupakan gabungan dari jenis jaringan LAN,MAN dan    WAN  yang  media  penghubungnya  melalui  jalur  INTERNET  sehingga           jangkauannya lebih luas, tetapi hanya dipakai oleh organisasi tertentu       atau perusahaan tertentu saja.
  • Internet

Internet adalah suatu jaringan yang sangat luas yang merupakan gabungan dari beberapa juta jaringan.

Komputer  yang  dipergunakan  untuk  membangun  sebuah  jaringan  LAN  adalah minimal  ada  1  pc  server  dan  1  pc  client.  Komputer  server  adalah   komputer  yang dapat mengontrol semua sumber daya yang ada dalam komputer itu sendiri maupun.yang  lain  yang  terkoneksi  jaringan.  Sedangkan  komputer  client  adalah  komputer yang dapat mengontrol semua sumber daya yang ada dalam komputernya saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar