Senin, 02 Januari 2012

Bingka Berandam





                Ini Makanan yang laris dibanjarmasin
 Khas kalimantan selatan
Cita rasa yang khas membuat kue ini menjadi pilihan utama untuk menu berbuka puasa atau makanan selingan seusai salat tarawih. Ketika menyentuh lidah, kue ini terasa empuk dan memiliki rasa legit.

              Sebenarnya bukan hanya kentang yang bisa dijadikan bahan campuran kue bingka. Nangka dan tape juga bisa. Namun, citra rasanya tak bisa mengalahkan kentang.

              Cara dan proses pembuatan bingka kentang khas Banjar yang membedakan kue ini dari daerah lain. Sementara di daerah lain bingka dimasak dengan cara dikukus atau dimasak dalam oven, bingka Banjar dimasak di atas api arang atau api kompor minyak tanah. Itu membuat bingka Banjar yang mulai matang menebarkan aroma sangat wangi dan membangkitkan hasrat untuk mencicipinya.

            Untuk membuat kue bingka kentang diperlukan tiga biji telur bebek, dikocok sebentar dengan gula sebanyak 100 gram, dicampur dengan kentang seperempat kilogram gram yang sudah direbus dan dihaluskan. Selanjutnya dicampur dengan mentega secukupnya.

            Bahan ini lalu diberi tepung dua sendok dan air kelapa tua yang sudah diperas atau santan. Santan itu sebelumnya direbus sampai kental dengan volume sekitar 150 miligram ditambah satu vanili kotak.

           Bahan yang sudah diaduk sampai r ata dimasukkan ke loyang khusus terbuat dari besi kuningan yang telah dipanaskan. Sedikit minyak atau mentega dioleskan di sana. Itu agar kue yang matang tidak lengket.

            Proses selanjutnya, loyang yang telah ditutup dibakar di atas panas api arang atau api kompor. Bahan yang ada di dalam loyang nantinya berwarna kuning kecokelatan tanda kue matang serta wangi. Kue bingka kentang ini pun siap dihidangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar