Minggu, 04 Desember 2011

Kimchi Makanan Khas Korea

Kimchi adalah masakan tradisional Korea yang terbuat dari fermentasi sayuran dengan bumbu yang bervariasi. Ada ratusan jenis kimchi yang dibuat dengan bahan sayuran utama seperti napa kubis, lobak, bawang hijau atau mentimun. Kimchi merupakan makanan lauk dan juga merupakan bahan utama bagi banyak hidangan Korea. Kimchi selalu ada disetiap rumah makan di Korea, Kimchi tidak bisa lepas dari hidangan makanan di Korea. Ada istilah orang Korea tidak dapat hidup tanpa Kimchi :)

Referensi tertua untuk Kimchi dapat ditemukan 2600-3000 tahun yang lalu. Bukti teks tertulis pertama keberadaannya dapat ditemukan dalam buku puisi pertama China, Shi Jing. Dalam buku ini, kimchi disebut sebagai jeo. Istilah chimchae (sayuran direndam), dimchae, dan timchae diadopsi pada periode Tiga Kerajaan Korea. Kemudian diubah menjadi jimchi, dan saat ini kimchi. Awalnya kimchi terbuat dari saham kubis dan daging sapi saja. Namun setelah tahun 1500, cabe merah digunakan sebagai bahan utama untuk sumber panas untuk banyak jenis kimchi.

Menurut orang Korea, Kimchi dapat bertahan lama, bila kita endapkan didalam tanah, bisa bertahan hingga 10 tahun. Dan menurut mereka Kimchi dengan endapan di tanah selama 10 tahun adalah Kimchi yang terlezat dan tentu saja mahal. Rasa dari Kimchi adalah asam, semakin lama umur Kimchi semakin asam rasanya. Kimchi Field Museum di Seoul telah mendokumentasikan 187 varieasi Kimchi dalam bersejarah. Bumbu yang paling umum adalah air garam, daun bawang, rempah-rempah, jahe, lobak cincang, bawang putih, saeujeot dan aekjeot kecap ikan.


Ada hal yang unik juga bagi kebanyakan masyarakat Korea, dimana bila sepasang muda mudi ingin melakukan pernikahan, sang ibu mertua ingin pihak wanita harus dapat membuat Kimchi, bila pihak wanita tidak dapat membuat Kimchi maka harus belajar dahulu hingga bisa, baru dapat melakukan pernikahan. Kebutuhan akan Kimchi begitu penting bagi kehidupan di Korea. Bila kamu belum tahu, bahwa Kimchi adalah nomor 5 makanan sehat di dunia, terbukti pada beberapa tahun silam orang-orang Korea tidak mudah terkena virus flu burung (sars), setelah diselidiki ternyata orang-orang yang mengkonsumsi Kimchi dapat menangkal virus flu burung, warga Korea pada waktu itu bebas virus flu burung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar