Kamis, 08 Desember 2011

Table Manners di Korea

Sopan santun sangat penting bagi orang Korea dan ada banyak penekanan tradisional dari leluhur pada berbagai makanan dan minuman.
Meskipun beberapa dari tradisi-tradisi yang lebih tua telah dibuat agak santai dalam beberapa tahun terakhir.

img.table manners i korea/bundadontworry.wordpress.com

Korean Table setting
Ini sedikit tata cara makan (table manners) di Korea termasuk beberapa etiket lama yang masih digunakan sampai sekarang.

1. Menunggu untuk duduk
Tunggu orang tertua / orang yang lebih senior untuk duduk terlebih dahulu sebelum Anda mengambil kursi di meja.

2. Sebelum Anda mulai
Sebelum Anda makan, terutama di rumah seseorang, sangat sopan untuk mengatakan bahwa Anda senang sekali untuk makan di tempat mereka. Dalam bahasa Korea, biasanya mereka mengatakan Jalmukesumneda (I am very glad to eat).

3. Awal makan
Tunggu orang tertua / orang yang lebih senior untuk mengangkat sendok atau sumpit mereka terlebih dahulu sebelum Anda mulai makan.

4. Selama makan
Jangan pernah membersitkan hidung di meja. Big no no………

5. Jangan terburu-buru atau berlama-lama
Cobalah untuk makan dlm kecepatan yang sama seperti orang lain, terutama para tetua.

6. Sup dan nasi mangkuk
Selama makan, tidak / jangan pernah memegang mangkuk sup atau nasi (seperti yang mungkin Anda lakukan di negara-negara Asia lainnya seperti Cina atau Jepang).

7. Mengambil berkali kali
Makanan Korea mempunyai banyak sisi komunal dari masakannya, sehingga tidaklah sopan untuk mengaduk2 mangkuk dan menyentuh banyak makanan lain saat Anda mengambil makanan untuk diri sendiri.

8. Mengisi ulang gelas Anda
Selalu menuangkan minuman untuk orang lain terlebih dahulu, terutama bagi mereka yang senior untuk Anda.

9. Penawaran alkohol
Ini tidak dianggap sopan untuk menolak minuman beralkohol yang ditawarkan kepada Anda, terutama dari para tetua.

10. Menerima masakan atau minuman
Ketika seseorang yang lebih senior menuangkan minuman untuk Anda, tahan cangkir Anda dengan kedua tangan untuk menerima (ini juga berlaku untuk seseorang yang ingin mengambil lauk atau sesuatu yang lain di meja).

11. Menuangkan minuman
Ketika Anda menuangkan minuman bagi seseorang yang senior untuk Anda, tempatkan tangan Anda yang lain di bawah tangan yang menuangkan atau dibawah siku Anda.

12. Penempatan peralatan di atas meja
Jangan menempelkan/ meletakkan sumpit Anda langsung ke mangkuk Anda , seperti mengikuti upacara adat leluhur Korea,ketika Anda sudah selesai, kembalikan peralatan makan ( sumpit atau sendok) di atas meja.

13. Jangan buang-buang makanan
Jangan mengambil makanan banyak2 yang Anda tidak bisa menghabiskannya, karena perilaku ini dianggap boros, jadi anda dianggap sopan bila menghabiskan semua makanan yang anda ambil.

14. Menghormati tuan rumah(host)
Jika seseorang telah mengundang anda kerumahnya atau mengajak makan di luar, ada adat kebiasaan untuk mengucapkan terimakasih setelah makan. Dalam bahasa Korea, orang mengatakan masegaemugusuyo (I ate well).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar