Selasa, 06 Desember 2011

Kuil Jongmyo



kuil ini merupakan salah satu peninggalan dinasti joseon yang di jadikan sebagai salah satu tempat wisata di korsel oleh pemerintah korsel....

Kuil Jongmyo yang terletak di jantung kota Seoul dijadikan UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1995. Kuil ini dibangun untuk menyimpan tablet-tablet memorial anggota mendiang penguasa (Dinasti Joseon) yang didasarkan pada tradisi Konfusianisme. Setiap tahun pada bulan Mei diadakan upacara Jongmyo (Jongmyo Daeje) yang menampilkan upacara persembahan dan tarian. Pertama dibangun tahun 1394 dan terbakar tahun 1592 ketika Jepang menyerang Korea, lalu pada tahun 1608 dibangun kembali. Kuil ini berisi 19 buah tablet memorial para raja dan 30 tablet ratu yang ditempatkan di dalam 19 buah kamar.

Sejarah

Ketika Jongmyo dibangun pada tahun 1394 atas perintah Raja Taejo, ia diperkirakan sebagai salah satu bangunan terpanjang di Asia. Ruang utamanya, Jeongjeon, memiliki 7 buah kamar. Setiap kamar disediakan untuk raja dan ratu. Komplek Jongmyo diperluas oleh Raja Sejong yang memerintahkan pembangunan Yeongnyeongjeon (Ruang Kenyamanan Abadi). Perluasan dilakukan dengan pembangunan komplek ke arah timur, sebab diperlukan beberapa kamar lagi untuk menyimpan tablet memorial mendiang raja dan ratu sehingga menjadi 17 kamar. Namun pada masa Invasi Jepang ke Korea, penyerbu Jepang membakar dan meruntuhkan bentuk asli bangunan, dan komplek yang baru didirikan lagi tahun 1601 yang merupakan bentuk asli hingga kini.

Tablet memorial asli diselamatkan dari kebakaran dengan menyimpannya di rumah penduduk dan masih bertahan hingga kini. Terdapat 19 tablet memorial raja-raja dan 30 milik para ratu. Hanya 2 raja yang tidak memiliki tablet memorial.

Gerbang masuk selatan disediakan untuk para arwah yang masuk dan keluar, gerbang timur untuk raja, dan gerbang barat untuk para anggota pelaku upacara dan ritual.

Dilihat dari kursi tahta raja di Istana Gyeongbok, Jongmyo berada pada sisi kiri, dan Kuil Sajik, kuil penting lainnya berada di sisi kanan. Pengaturan ini didasarkan pada cara fengshui. Bangunan utama dikelilingi perbukitan dan didepannya terdapat lapangan bernama Woldae, yang panjangnya 150 meter dan lebar 100 meter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar